Minggu, 28 September 2014

Informan-6



Waktu Luang Harus Bermanfaat
Seorang penjaga rumah inap yang berada di Tanah Abang ini bernama Ibu Lili Sukarsih. Beliau akrab dengan sapaan bu Aci. Dalam menghabiskan waktu luang, ibu aci melakukan berbagai aktivitas seperti nonton berita, istirahat, memasak cemilan (makanan kecil). Alasan Ibu aci melakukan berbagai aktivitas tersebut adalah karena dirinya merasa senang melakukan berbagai aktivitas tersebut dan ingin menyalurkan hobinya. Motivasi dari dalam dirinya adalah sejak muda dirinya sering cari makan-makanan, bikin cemilan, ikut kursus seperti memasak dan mencari informasi agar bisa menambah pengetahuan. Bisanya tujuan ibu aci jalan adalah untuk mencoba makanan enak yang ada di wilayah Jakarta.  “ kan kita juga merasa suntuk, jenuh, jadi boleh dong sesekali kita ppeergi makan ke luar.” Ucap Ibu yang berusia 60 tahun ini.
Hal yang tidak disenangi oleh ibu aci adalah pergi ke tempat yang banyak kerumunan orang. “ saya tidak suka apabila melakukann sesuatu yang tidak ada manfaatnya” Ungkap Ibu Aci. Adapun daerah yang sering dikunjungi Ibu aci untuk berwisata kuliner adalah ke daerah Roxy, ke senen, ke keramat, kebon jeruk untuk mencari makanan yang sesuai dengan seleranya dengan menggunakan motor bersama adeknya. Informasi mengenai tempat kuliner makanan tersebut diketahui ketika dirinya sedang berjalan-jalan ke suatu tempat dan melihat suatu tempat makan yang ramai oleh pengunjung ataupun dari beberapa tetangganya atau keluarganya. Menurut Ibu Aci aktivitas seperti kuliner makanan tersebut tidak memerlukan biaya yang besar yaitu bekisar 50-60 ribuan. “ jadi harus diseimbangin, makan nggak seberapa, kenapa pergi terlalu jauhnya kayak gitu.” Ungkap Ibu ini.
“ pergi itu kalau ada tujuan aja, misalnya lagi jalan-jalan cari makanan.” Jabar Ibu Aci.adapun pengalaman yang pernah beliau alami adalah ketika beliau pergi ke pegunungan maka beliau dapat melihat keindahan yang kuasa. Hal yang dicari di gunung adalah kesejukan, ketenangan, menghilangkan stress dengan melihat alam. Menurutnya taman berbeda dengan alam karen alam tidak memiliki batasannya dan alam tidak bisa di buat oleh manusia “ keindahan alam itu tidak di tata, tetapi memang seperti itulah adanya. “ ungkapnya. Beliau mengungkapkan bahwa apabila diri diajak pergi ke tempat wisata seperti pemandian air panas maka beliau mau untuk pergi karena dirinya di sana bisa berendam di dalam air panas. “ karena di sana ibu bisa merasakan suatu manfaat.” Jelasnya.
Adapun tempat-tempat wisata yang beliau inginkan adalah seperti wisata di Cipanas, ataupun puncak / pegunungan. “ jika kita melihat alam yang indah. Tujuannya adalah untuk menimbulkan pemikiran positif dari dirinya. Sehingga beliau pun menjadi sadar atas anugrah yang maha kuasa dan manusia sebagai makhluknya tidak ada apa apanya. Adapun hal- hal yang disukai oleh Ibu Aci adalah mencari tahu sesuatu seperti bahasa baru ataupun cara kerja suatu alat. Sehingga walaupun dirinya tidak memiliki pendidikan yang tinggi, beliau dapat mengetahui sedikit-sedikit informasi yang baru tersebut.
Menurut beliau, sesuatu yang harus ada di suatu tempat wisata adalah tempat makan, apalagi ada tempat saung sebagai tempat makan karena dirinya merasakan suasana makan yang berbau sunda dan seakan akan beliau teringat dengan kampung halaman dirinya. “ setiap daerah kan memiliki suatu ciri khas yang berbeda. “ tutur Ibu Aci.apabila pergi ke pegunungan beliau dapat menghirup udara yang sehat.
“nikmat dan enak itu ngga bisa sama, kalo enak Cuma samai di mulut doang, kalo nikmat saya rasa senang di hati kita.” Ungkap Ibu yang pecinta kuliner ini. Rentang waktu untuk bepergian jauh ataupun berkumpul bersama keluarga biasanya dalam hitungan 1 tahun sekali.
Harap Ibu aci untuk suatu tempat wisata adalah agar bisa menyediakan fasilitas yang dapat digunakan dan dimanfaatkan oleh orang tua juga seperti pemandian air panas “ yang butuh hiburan bukan cuma anak-anak doang, kan orang tua juga butuh.” Tuturnya menjelaskan.
Waktu luang menurut Ibu Aci adalah duduk dan nonton TV karena sekalian bisa instirahat dan  juga menambah wawasan dan cari pengetahuan mengenai sesuatu. “ suatu waktu ibu pulang ke Bogor itu juga sekalian pulang kampung.” Terang beliau.
“ Kalau Ibu di Bogor di ajakin pergi berziarah oleh rombongan pengajian. Kalau di Jakarta ngga ada pengajian.” Terang Ibu Aci. Biasanya Ibu Aci pergi Ziarah itu hanya mengikuti gurunya yang mengajak rombongan pengajian pergi. Beliau pergi berziarah pun dengan  tujuan untuk menambah pengetahuan mengenai makam siapa yang mereka kunjungi. Selain itu ada acara dari keluarahan yang mengajak masayarakatnya untuk berkunjung ke pabrik-pabrik. Ini salah satu aktivitas yang Ibu Aci senangi karena beliau dapat mengetahui usatu pembelajaran mengenai proses pembuatan mie.sehingga ada manfaat yang beliau rasakan ketika bepergian dan berkunjung ke suatu tempat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar