Sabtu, 27 September 2014

Informan-3



Abadikan Setiap Momen Melalui Foto


Seorang gadis yang memiliki nama lengkap Hafida Ahadiani ini, akrab disapa dengan nama Fida. Gadis berusia 2o tahun ini mengaku bahwa dirinya memiliki waktu luang biasanya 1 hari dalam seminggu karena dirinya sering disibuki dengan aktivitas seperti kuliah, les, dan berbagai aktivitas lainnya. Menurutnya, yang namanya waktu luang itu harus benar-benar seharian dan apabila ada beberapa jam yang kosong, maka dirinya menganggap kondisi itu adalah sebagai waktu istirahat. Dirinya sendiri menganggap bahwa apabila ada waktu kosong yang hanya beberapa jam, dia tidak bisa melakukan aktivitas apa-apa pada waktu tersebut karena waktunya terhitung sangat sedikit dan yang hanya bisa dilakukan adalah tidur.
Aktivitas yang biasa dirinya lakukan ketika memiliki waktu luang adalah jalan-jalan ke mall, ketempat wisata. “....setidaknya cuci-cuci mata, tapi nggak ngeluarin duit banyak kayak gitu.” Ucapnya. Yang dimaksud dengan tidak menghabiskan duit banyak baginya adalah apabila cuci mata ke mall maka akan ada keingin untuk berbelaja, anak tetapi apabila dirinya cuci mata ke tempat wisata dirinya bisa duduk-duduk di pantai dengan hanya membayar uang masuk saja. “refesh otak gue yang  sering berada di kampus, dan apa ya....seenggaknya dapat hal-hal baru, gue senenglah katakanlah begitu.” Ungkapnya dalam menjawab motivasi dirinya  dalam melakukan aktivitas seperti jalan-jalan dan pergi ke tempat wisata. “seneng, gue melakukan sesuatu yang berbeda dari hari-hari biasanya. Biasanya gue di rumah doang, di kampus doang, ngapain di depan laptop, dan gue berusaha supaya hari yang gue sebut waktu luang tersebut, gue nggak sama sekali menyentuh hal-hal kayak laptop, gue harus belajar,  gue harus ngerjain tugas, pokonya bener-bener free.” Tutur gadis berkerudung ini.
“leisure time itu adalah waktu di mana gue bisa melakukan hal-hal yang bikin gue seneng.” Terangnya ketika ditanyanyakan mengenai arti leisure time. Dirinya menyebutkan juga bahwa contoh hal-hal yang membuat dirinya senang adalah tidur, nonton, keluar rumah untuk jalan-jalan. Satu kata yang mewakili kata waktu luang bagi dirinya adalah “ free”.
Gadis yang berusia 20 tahun ini memiliki hobi yaitu pergi ke tempat yang menjual sesuatu yang unik seperti pembatas buku yang lucu, stationary dan memasak. Karena dirinya memiliki hobi mengoleksi hal-hal unik maka akan mempengaruhi aktivitas yang akan dirinya lakukan ketika memiliki waktu luang seperti pergi ke toko buku yang ada di mana saja untuk mencari sesuatu yang menurutnya lucu dan unik.
Aktivitas waktu luang tersebut pun dilakukan bersama orang-orang terdekatnya seperti keluarga, teman, ataupun pacar.” Kalo pergi sendirri itu kayaknya akward banget, udah pergi pengen seneng-seneng tapi meluapkan kesenangan, gue cuma bisa hahaha haaa gue sendirian.” Terangnya. Untuk masalaah baudget yang biasa dirinya keluarkan untuk menghabiskan waktu luang adalah berkisar 100-200 ribu.
Hal yang dirinya tidak sukai adalah apabila dirinya memiliki waktu kosong tetapi tidak bisa ke mana-mana dan tidak suka juga ketika macet ketika dalam perjalanan. Oleh karena waktu luang merupakan sesuatu yang rare moment maka Fida akan memanfaatkan waktu luangnya sebaik mungkin. Tempat favorit yang sering ia kunjungi adalah mall ataupun duduk duduk di coffee shop. Alasan dirinya memilih tempat tersebut karena apabila di mall di bisa mendapatkan semua yang diinginkan. Sedangkan untuk coffee shop dia biasanya duduk-duduk  di tempat itu sambil membaca buku dan minum kopi karena di sana enak dan relax. Selain itu, suasananya berbeda sehingga dirinya pun merasa senang ketika berada di sana. Aktivitas yang juga dilakukan ketika di coffee shop yaitu ngopi sambil belajar atau pun hanya sekedar duduk-duduk saja. Gadis kelahiran tahun 1994 ini biasanya juga menghabiskan waktu luangnya dengan duduk-duduk, jalan-jalan, makan di pantai Ancol. Harapannya dengan mengunjungi pantai Ancol adalah relax dan ingin mendengarkan air di pantai membuat dirinya merasa enak dan membuanya merasa lebih tenang. “ tapi ga tau kenapa feel-nya beda dengan lu duduk di kolam berenang. Karena ga ada anginnya gitu kan” ujarnya. Sebenarnya fida sendiri lebih suka untuk pergi kegunung. Akan tetapi karena kondisi di Jakarta lokasi gunungnya jauh makanya dia lebih memilih pantai. Aktivitas yang dia lakukan di gunung pun sama dengan tempat lainnya yaitu nongkrong. “ kalo ke pantai itu yang gue rasain kayak anginnya beda tu,gue berasa gue keluar dari rutinitas kayak gitu.”ungkapnya. lain halnya dengan gunung yang ingin dia cari di sana adalah perasaan puas setelah dirinya sampai di tempat tersebut. Tempat yang dirinya tidak sukai adalah tempat yang kotor, tidak ada fasilitas seperti toilet atau ruangan untuk solat, dan tempat nongkrong yang istilahnya banyak orang alay.
Pengalaman menarik yang dirinya alami ketika menghabiskan waktu luang tersebut adalah pengalaman ketika mereka pergi bersama dan berasa lebih dekat satu sama lain karena komunikasi yang lebih mudah sehingga dirinya pun dengan leluarsa bisa bercerita. Selain itu, ketika dirinya pergi ke gunung pengalaman yang dirinya rasakan adalah bisa melihat sunrise yang sangat indah di tengah kedinginan suasana di atas gunung. Dirinya merasa bahwa pengorbanan yang dilakukan untuk melihat sunrise tersebut karena melewati medan yang cukup sulit dan cukup membuat lelah. " Gue seneng banget waktu gue bisa liat sunrise, rasanya tu semua pengorbanan gue ketika mendaki itu terbayarkan sudah dengan melihat pemandangan yang indah." Ungkapnya. Pengalaman menarik ketika dirinya ada di Jakarta adalah ketika pergi ke mangroove. Hal yang dirasakan pada saat berkunjung ke sana adalah dirinya merasa tidak percaya bahwa ada tempat sebagus itu di Jakarta. “kadang tujuan gue untuk jalan-jalan adalah supaya gue punya foto-foto.” Ucap gadis yang tinggal di Jakarta Timur ini. Dirinya juga mengaku bahwa pada dasarnya dia memiliki hobi dan suka dengan aktivitas hunting foto pada saat momen-momen tertentu. Menurutnya foto di tempat wisata itu memberika light-ing yang lebih bagus jika dibandingkan dengan foto-foto indoor.  “dulu gue kemana pun, bahkan ke sekolah, gue selalu bawa kamera.” Katanya. Fida sendiri beranggapan bahwa momen yang pernah di alaminya itu tidak akan terulang lagi sehingga dia berniat untuk mengabadikan momen ketika dia bersama teman-temannya sedang tertawa tersebut ke dalam bentuk gambar visual.
Pengalaman buruk yang pernah dirinya alami ketika pergi ke Dufan bersama keluarga, dan pada saat itu handphone ibunya Fida hilang ketika sedang mengantri di keramaian. Seketika itu juga ia merasa badmood karena semua orang merasa panik dan heboh karena handphone yang hilang tersebut.
Keinginannya untuk pergi berwisata ke suatu tempat adalah untuk mencari sesuatu dari alam yang dirinya inginkan seperti halnya ketika dia pergi ke gunung untuk melihat sun rise, kalau pun ke pantai yang dirinya cari adalah angin-angin agar dirinya lebih relax. Fasilitas toilet yang bersih dan tempat solat pun juga menjadi faktor penentu apakah dirinya ingin pergi ke suatu tempat untuk menghabiskan waktu luangnya. Faktor eksternal seperti ajakan dari teman-temannya pun menjadi salah satu bahan petimbangan untuk bepergian.
Media promosi yang dianggap efektif bagi dirinya adalah instagram dan path karena dengan adanya aplikasi atau social media yang ada di handphone tersebut orang-orang akan lebih mudah dalam men-share foto, bisa kasi deskripsi mengenai foto tersebut, dan bisa tag lokasi.
Tempat berwisata yang diinginkan Fida adalah sebuah taman dengan berbagai tanaman yang rindang dilengkapi dengan tempat duduk, dengan kondisi taman yang cukup luas, bersih dan terawat. Karena dirinya sendiri pernah melakukan aktivitas duduk-duduk di taman bersama teman sambil bermain kartu, dengan hal seperti itu saja bisa membuat dirinya senang. Selain itu dirinya mengharapkan sebuah taman yang ada live music , ada air mancur, dan beberapa penjual makanan yang tertata di suatu tempat di taman juga. Jenis aktivitas yang biasa dirinya lakukan ketika di taman adalah duduk-duduk sambil membaca buku di tempat yang relax untuk mendapatkan feel ketika membaca buku tersebut. Suatu tempat yang dirinya ingin kunjungi adalah London dengan alasan bahwa lingkungannya bagus untuk dijadikan objek foto-foto karena lucu dan tempatnya unik.
Kondisi jakarta menurut pendapat Fida adalah suatu tempat yang penuh dengan kemacetan sehingga ketika ingin pergi maka perlu me-manage waktu dan harus membuat planning dengan baik. Ketika ditanyakan mengenai apa yang teringat dipikirannya ketika mendengar kata wisata adalah pantai. “air itu bikin tenang, dan Jakarta itu bikin stress.” Ungkapnya. Hal tersebut dengan alasan bahwa jika ingin pergi ke manapun dirinya haus menghadapi antrian mobil yang panjang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar