Sabtu, 27 September 2014

Informan-1


Ketika Lo Makan Sesuatu Asli dari Daerahnya

Seorang gadis yang akrab di sapa Michaela ini merupakan salah satu mahasiswa semester 5 di Prasetiya Mulya. Nama lengkapnya adalah Michaela Iona Budiawan. Dia memiliki hobinya adalah jalan-jalan ketika ada liburan panjang dan apabila sehari-hari dirinya memiliki waktu kosong maka hobi yang sering ia lakukan adalah nonton atau baca novel. Menurutnya, liburan panjang merupakan suatu momen dimana dia dapat berkumpul dengan keluarganya sehingga jalan-jalan merupakan salah satu pilihan kegiatan yang biasa di lakukan. “jalan-jalan kemana aja sih, seneng sebenernya.” Ungkapnya. Dirinya memaparkan bahwa ia senang jalan ke tempat yang ada area terbukanya.  Biasanya sekalian jalan sekalian makan.” Terkadang ke tempat makan yang lucu gitu. Ga harus kayak ke mall atau fine dining gitu.” Ungkapnya.  Menurut pengakuan Michaela, dirinya sendiri memang tipe orang yang senang makan dan kuliner terutama untuk dessert.  “biasanya tempat-tempat yang menjual dessert itu antara lucu banget atau malah minimalis banget gitu.” Terangnya sambil menjelaskan. Hal yang membuat dirinya senang adalah karena suasana yang nyaman, sehingga dirinya merasa enak jika berlama-lama disitu dan tempatnya itu ngga ngebosenin.” Katanya. Suasana yang enak bagi Michaela adalah suasana yang sepi akan tetapi tidak terlalu rami juga seperti di coffee shop dan berbagai tempat yang lighting-nya bagus.
Sedangkan alasannya memilih aktivitas membaca novel dan nonton dikarenakan profesinya sebagai mahasiswa menuntut dirinya untuk menyelesaikan tugas-tuganya pada malam hari karena lebih sedikit gangguannya dan lebih fokus sehingga di siang harinya dia lebih memilih aktivitas nontoan, baca novel , ngumpul dan ngobrol di kosan temannya. Motivasi dirinya melakukan kegiatan tersebut adalah untuk mencari kegiatan agar ada sesuatu yang dirinya dapat membuat dirinya menjadi sedikit sibuk tapi santai serta mencari inspirasi. Bagi Michaela menjalankan berbagai aktivitas tersebut membuat dirinya menjadi relax, karena itu keadaan ketika dirinya tidak mau memikirkan tugas dan segala sesuatu yang berat-berat. “pengen diem merenung, tapi yang relax. Sambil ngeliatin furniture, dekorasi, terus difoto-fotoin. Kayak lagi iseng foto-fotoin” Katanya. Biaya yang biasa ia keluarkan pun berkisar200-300 ribu.

 Aktivitas yang paling sering ia lakukan ketika ada waktu luang adalah tidur dan nonton seri luar seperti seri detektif, searching lagu di youtube, dan mencari sesuatu yang aneh-aneh seperti resep, model baju, dan foto lucu. Waktu luang yang dirinya punya itu biasnya berkisar jam 3 karena pada waktu tersebut biasanya dia tidak mengerjakan tugas ataupun tidak ada perkuliahan. Aktivitas yang dirinya tidak sukai adalah ketika dirinya ingin melakukan sesuatu akan tetapi merasa malas ataupun tidak bisa melakukan suatu hal yang dia ingin lakukan karena suatu alasan.
Tempat favorit yang dia sering kunjungi ketika melakukan aktivitas di waktu luang adalah sebuah coffee shop yang bernama Cultura karena jaraknya yang dekat dengan rumahnya, tempatnya lucu, nyaman buat ngobrol ataupun mengerjakan tugas, lagu dan makanan di sana pun cukup enak dan oke menurutnya. “walaupun rada-rada pricey, tapi okelah makanannya, dan minumannya juga oke.”ujar Michaela. Selain itu alasan dirinya sering pergi ke Mall Central Park karena di sana ada tempat outdoor-nya dan denah mallnya juga gampang dan ga ribet, selain itu juga karean di sana bisa ada bazar seperti Euphoria. Informasi mengenai tempat favoritnya tersebut diketahui dari akun instagram orang yang dirinya follow berdasarkan review ataupun karena tempat tersebut memiliki gambar dan foto yang dapat menarik perhatiannya. Masalah budget yang akan digunakan untuk melakukan aktivitasnya di waktu luang pun tergantung dengan lokasi yang ingin di tuju. Jika dirinya pergi ke GI hal yang dilakukan adalah jalan-jalan, shopping, makan, dan alasan diriny pergi ke GI juga adalah karena ingin melihat event yang di buka di lantai 5.
Tempat yang dirinya tidak sukai adalah tempat yang jorok, banyak rokok karena smoking dan non smoking tidak dipisah, dan tempatnya kurang cozy. Adapun tempat yang dirinya sukai adalah suatu tempat yang membuat dirinya betah untuk ngobrol-ngobrol, ada lagunya, dekorasinya lucu dan menarik sehingga menimbulkan suasana nyaman baginya.
 Pengalaman menarik yang pernah di alami adalah ketika dirinya melakukan Europe Tour. Menurutnya selama ini cuma pernah ngeliat orang posting macaroon Laduree dan akhirnya pada saat itu ia bisa mengunjungi tokonya langsung, pilih sendiri dan dirinya merasa senang. Selain itu beli waffle di tempat aslinya yaitu di Belgia. “jadi emang kalo pergi ke suatu tempat itu harus cari makanan yang spesial dari daerah tersebut gitu.” Terang Michaela ketika menjelaskan pengalaman menariknya. “Menariknya itu adalah ketika lo makan asli dari daerahnya itu pasti beda lah rasanya.” Jelasnya.
Pengalaman buruk yang pernah dirinya alami adalah ketika ingin mengunjungi Sumoboo. Micahela sendiri merasa kesal karena dirinya harus menunggu hampir setengah jam hanya untuk menikmati es beruang tersebut. Setelah berada di sana pun Michaela merasa sangat tidak nyaman karena menurutnya “ seharusnya kita makan trus ngobrol, tetapi malah di suruh makannya yang cepet-cepet karena tempatnya bakal di pakek sama orang lain.” Tuturnya.
Faktor yang membuat ia memilih pergi ke suatu tempat adalah dengan siapa dia akan pergi ke tempat tersebut, apakah worth it dirinya menghabiskan waktu luang di sana, dan rekomendasi dari sumber-sumber yang dirinya percayai. “gue pengennya first impression gue tentang tempat itu bagus, kayaknya suasananya enak, makanannya oke, trus pelayanannya ramah. Yang kira-kira bikin gue seneng, mood gue kalo misalnya dari bete jadi mendingan, jadi senengan dikit, atau kalo emang seneng bikin tambah seneng, kayak gitu.” Ungkapnya. “istilahnya kayak bikin mata seger gitu loh. Ngeliat barang-barang aneh trus lucu gitu kan bikin seneng. Siapa tau jadi kakyak terinspirasi ngapain lah dan relax” jawab Michaela ketika ditanyai mengenai alasan dia suka tempat lucu dan unik. “kalo gue pergi ke suatu tempat pasti ujung ujungnya ngobrol.” Ungkap Michaela. Oleh sebab itu, dia suka bercerita ataupun mendengarkan cerita dari orang ketika menemani dirinya pergi ke tempat makan dan Michaela pun mengakui bahwa dirinya merupakan orang yang ekspresif dan hobi bercerita juga.
“emang keluarga gue tipe keluarga yang suka kuliner semua, sih.” Terangnya. Sehingga Michaela sendiri pun memiliki hobi berkuliner. Ketika berada di luar kota pun mereka mencari suatu makanan khas dari kota tersebut dan jarang sekali nyari tempat kuliner yang aman seperti makan fastfood atau di restaurant. “ bisanya nyari tempat makan yang rame yang ada di sepanjang jalan gitu, enak.” Jelasnya.
Menurutnya faktor social media sangat berguna dalam memberikan review, rekomendasi, datau memberitahu suatu tempat yang baru untuk makan, ngobrol ringan, ngerjain tugas, danaktivitas lainnya. Michaela sangat menyukai tempat yang ada outdoor-nya agar cahaya matahari bisa masuk seperti halnya restaurant bunga rampai, union.
Adapun tempat yang sangat ingin dia kunjungi adalah Maldives dengan alasan bahwa pemandangan di sana bagus seperti seperti editan photoshop dan karena akan merasa tenang, relax melihat laut. Bawaannya santai hening ketika melihat laut dan secara otomotis hal yang ada di pikirin adalah hal-hal yang bagus aktivitas yang akan dilakukan pun seperti dudu-duduk dan merenung. Tujuannya menghabiskan waktu luang adalah untuk menjauhkan pikirannya dari segala hal yang berbau tugas. Ketika mendengar waktu luang pun yang ada di dalam pikiran Michaela adalah makan atau tidur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar