Sabtu, 27 September 2014

Informan-2



Pengalaman Buruk Menjadi Tempat Favorit


Gio adalah panggilan akrab dari Giovanni Vergio yang saat ini masaih menjalani jenjang pendidikan S1 sebagai salah seorang Mahasiswa bisnis. Aktivitas yang biasa dilakukan ketika memiliki waktu luang adalah tidur ataupun memainkan laptop karena menurut Gio dengan bermain laptop dia bisa mencari suatu informasi atupun berita dan bisa nonton film yang dirinya sukai. Perasaannya melakukan berbagai aktivitas tersebut adalah senang karena ia bisa melakukan berbagai hal yang ia sukai pada saat memiliki waktu luang. Memasak adalah hobinya hingga terkadang, ketika dirinya tidak melakukan kegiatan atupun aktivitas apa-apa yang dia lakukan adalah memasak. Biasanya aktivitas memasak tersebut ia lakukan ketika dirinya selesai menonton video memasak di youtube, ketika ia merasa ingin mencoba apa yang telah dia lihat tadi maka ia langsung pergi ke supermarket untuk membeli alat dan bahan masakannya. Ketika sampai di rumah pun Gio langsung mulai memasak. Demi menyalurkan hobi masaknya ini di waktu luang, Gio pun bisa menghabiskan budget sebesar 200 untuk membeli bahan-bahan yang di perlukan.
          Gio  sangat tidak menyukai berbagai tempat yang berbau keramaian dan keadaan sumpek sehingga dirinya pun jarang bepergian ke tempat-tempat wisata atau rekreasi yang ada. Dia lebih memilih untuk pergi ke Mall dengan alasan bahwa dirinya bisa jalan-jalan, cuci mata, membeli sesuatu yang dia perlukan dan makan informasi mengenai tempat-tempat wisata atau berekreasi pun dirinya tahu dari keluarga atau teman-temannya.
Adapun tempat favorit yang bisa di jadikan tempat untuk menghabiskan waktu luangnya adalah di rumah selain itu karena hobinya memasak sehingga Gio pun lebih banyak menghabiskan waktu di Supermarket. “ gue tu kadang kalo di supermarket suka lama banget, ya gue demen masak kan. Jadi ya gue liat bahan-bahan. Trus ya mikir gue bisa masak apa.” Ucap mahasiswa yang berusia 20 tahun ini. Menurutnya hobi masak dan memilih milih bahan di supermarket merupakan aktivitas yang seru.
          Selain aktivitas di atas Gio merupakan salah satu orang yang hobi nongkrong dimana tempat favorit Gio untuk nongkrong adalah 1/15 (one fifteen). Kegiatan yang bisa ia lakukan di sana adalah bikin tugas taupun hanya sekedar nongkrong. Aksesibilitas untuk ke tempat itu pun cukup gampang dijangkau dengan menggunakan mobil menurut Gio. Aktivitas lain yang juga ia senangi adalah pergi ke pantai. Sedangkan aktivitas yang dirinya tidak senangi adalah belajar. Tempat yang tidak suka ia kunjungi adalah rumah sakit karena menurutnya kalau pergi ke rumah sakit biasanya ada sesuatu.

          Adapun pengalaman menarik yang pernah dialami ketika menghabiskan waktu luang di Raja Ampat. Menurut dia di sana bagus, tenang karena tidak ada signal handphone dan tidak ada yang menggangu selama beberapa hari. “Gue seneng laut.” Ungkapnya saat mengekspresikan tempat favorintnya. Ketika berada di Jakarta pun Gio suka untuk mengunjungi pulau seribu yaitu pulau payung. Oleh karena yang punya pulau tersebut adalah teman bokap Gio, dan omnya suka pergi diving, Gio pun secara tidak langsung suka ikut pergi ke pulau tersebut. “ gue hobi banget sama yang namanya laut atau kapal gitu kan. Jadi ya gue di kapal aja, atau di villa.”ucap Gio. Hal yang dirasakan Gio ketika berada di laut adalah dirinya merasakan ketenangan di hidupnya karena meliat laut dan melihat sesuatu yang berwarna biru-biru. Adapun aktivitas yang dialakukan di laut adalah berenang, mancing. Ketika berada di pantai, yang ingin diharapkan Gio adalah suasana ketika duduk-duduk di pantai dan meliahat ke arah laut, mendengarkan suara-suara ombak dan angin, tanpa perlu ada yang menggangu, hal itulah yang menurut Gio enak. Bepergian ke sana pun biasnya dilakukan bersama bokapnya.
          “ya kayak selama di kampus gue kadang-kadang bolos buat pergi ke pulau.” Terang Gio memberikan alasan demi pergi ke pulau dengan suasana yang benar-benar ia idamkan. Gio pun menyebutkan berbagai pantai yang pernah ia kunjungi seperti Pulau seribu, Raja Ampat, Bali, Wakatobi. Untuk masalah budget yang ia keluarkan untuk pergi ke pulau seribu tidak terlalu banyak karena yang perlu ia siapkan hanyalah bensin untuk kapal.
          Pengalaman yang tidak bisa ia lupakan adalah kerika duduk di pantai terus melihat ke arah laut di masing-masing tempat berbeda-beda suasana yang ia rasakan, aktivitas pergi ke berbagai tempat yang pernah ia kunjungi tersebutlah yang menurutnya menarik. Perbedaan tersebut ia rasakan dari segi panas pantai yang berbeda, lautnya pun berbeda seperti di Raja Ampat dan waktobi lautnya lebih bersih, sedangkan di pulau seribu agak kotor. “gue pengen kembali lagi ke Raja Ampat karena indah.” Ucap Gio yang sedang tekagum dengan keindahan pantai di sana. Alasan yang mendasari dirinya untuk pergi lagi ke sana adalah karena ketika di sana ia bisa melihat ke dasar laut ketika berada dia atas kapal. Selain itu, ketika berenang di sana masih banyak terlihat ikan-ikan yang berenang.
          Adapun pengalaman buruk yang pernah ia alami adalah ketika ia berlibur ke pulau Handphonenya Gio jatuh ke laut pada bulan Mei yang lalu. Ketika sesampainya di sana ia pun bergegas menaruh tas dan segera kembali lagi ke kapal karena pada saat itu omnya ingin langsung diving.  Setelah kembali lagi ke pulau ia pun terpeleset di dermaga dan handphonenya jatuh ke air hingga mati dan rusak. Pengalam buruk pun pernah ia alami ketika ia berada di Raja Ampat. “ gue berenang ke pantai, gue kaget banget, ada hiu. Tapi ternyata hiunya udah mati, tapi masih berbentuk. Gue udah mau mati rasanya.” Ungkap Gio ketika menjelaskan. Menurut Gio orang yang pergi ke pantai harusnya sudah tau persis mengenai resiko yang akan dia hadapi.
          Gio berimajinasi ingin membuat tempat wisata di tengah laut, penginapannya di bawah air, semua experience yang ingin di nikmati di laut ada seperti di setidakannya banana boat. Dengan alasan bahwa semua itu sangat keren menurutnya dan karena hobinya adalah pergi ke laut. Hal ini juga terinspirasi dari restaurant di Dubai yang ada di bawah laut.
          Hal yang ia pikirkan ketika mendengar kata leisure time adalah main. Gio memaknai waktu luang itu adalah bebas. Informasi mengenai laut-laut yang indah itu ia dapatkan dari keluarganya, ataupun penggunaan media seperti internet. Harapan Gio untuk tempat wisata adalah ada waterbom dan pantai buatan di dalam mall.
Tempat yang paling ingin ia kunjungi adalah Bora-Bora untuk melihat indahnya pantai di sana dan ke Italy untuk menikmati makanan di sana. “ tenang gitu, kayak lu pergi ke sana berasa hidup lu ga ada beban di sana, apalagi kalo di pulau dan signal handphone susah itu rasanya lu tinggalin hp lu aja, ga ada yang contact, Cuma ada lu sama pantai.” Menggambarkan suasan yang ia dapatkan ketika berada di pantai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar