Minggu, 26 Oktober 2014

Leisure Place-3

Rumeo_net Internet Game Online di Tanah Kusir
Bapak Joni Purba adalah salah satu pemilik warnet di daerah Tanah Kusir, Jakarta Selatan. Waktu buka dari warnet Rumeo ini adalah 24 jam nonstop. Adapaun alasan dari pemilik usaha membuka tempat ini buka setiap hari 24 jam adalah karena permintaan dari konsumen. Konsumen akan banyak yang datang ke warnet ini berkisar dari jam 7 malam sampai pagi, yang terdiri dari masyarakat di sekitar sana, orang yang pulang kerja, maupun orang yang sedang melewati tempat warnet tersebut. Kondisi ramai pun terjadi ketika lagi ada permainan bola ataupun dihari mereka libur seperti hari jumat, sabtu, minggu dengan jumlah pengunjung ramai mencapai angka 50an. Aktivitas yag sering dilakukan ketika berkunjung ke sana adalah main game online seperti dota, menggunakan berbagai media sosial, browsing, nonton di youtube,  dan mengerjakan tugas.
Alasan memilih lokasi warnet yang bersebelahan dengan rumahnya adalah agar mengurangi biaya sewa tempat dan banyaknya permintaan di daerah sana akan jasa warnet. Lokasi pun berada di lingkungan rumah-rumah masyarakat daerah tanah kusir. Fasilitas yang ditawarkan adalah jaringan internet yang bagus, sistem komputerisasi yang bagus (dengan cara merakit sendiri komputer yang akan digunakan), makanan dan minuman, tempat internet yang terdiri dari lesehan dan kursi, toilet, ac, sarana parkir yang aman dan aman, jasa print, editing video,dan kipas angin.
Harga yang dikenakan untuk penggunaan jasa internet perjamnya adalah 3 ribu dengan alasan bahwa semakin murah harga orang akan banyak yang datang ke warnet tersebut. Banyak paket yang ditawarkan pun bervariasi seperti paket 1jam 3 ribu, 2 jam 5 ribu, 3 jam 8 ribu, 4jam 10ribu, 5 jam 12 ribu, 6 jam 10 ribu,“you mau main apa enjoy aja lah. Terserah mau buka apa tetapi tidak boleh menggangu kiri kanan.”terang  beliau.

Target pengunjung adalah dari anak SMP sampai dewasa. Dengan membuka warnet ini, maka harapan dari Bapak Joni Adalah bisa dijadikan sebagai sarana kumpul, menghindari kenakalan remaja untuk menghindari tauran dan narkoba dengan melakukan kontrol. “bagaimana cara membuat mereka bukan menjadi pemakai tapi penikmat,”Lontar pemilik. Maksudnya adalah mengutamakan kenikmatan bagi konsumen. Dengan mereka merasa nyaman dan nikmat secara otomatis mereka akan terus datang ke warnet ini ataupun bisa menjadi langganan. Adapun usaha yang dilakukan untuk membuat mereka menikmati jasa internet adalah menerima masukan/ keluhan dari mereka dan menjalankan atau melaksanakan masukan tersebut. “palayanannya cuma 1, mereka kita beri keleluarsaan saja.” Ungkap pemilik warnet ini.


Salah satu pengunjung yang bernama Aditya Nugraha  pun mengakui bahwa tempat dirinya menghabiskan waktu luang untuk bermain game pun bisanya warnet Rumeo. Hal ini dikarenakan tempat atau lokasi dari warnet gema online ini pun dekat dengan rumah temannya dan tempat istirahatnya ketika sedang bekerja sehingga aditya pun sering main ke sana karena harganya pun juga relatif terjangkau dan murah. Bisanya pun aditya pergi ke warnet game online ini bersama temannya untuk bermain game secara multiplayer. Walaupun warnet ini terbilang kurang lengkap fasilitasnya, seperti varian makanan yang terlalu sedikit, atau kursi yang standard. Aditya pun tetap merasa nyaman bermain di sana ini pun tidak terlalu mengurungkan niatnya untuk tetap memilih tempat tersebut sebagai tempat bermain game online yang dekat dan mudah dijangkau.

Berikut adalah blueprint dari warnet rumeo_net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar